Implementasi Ekstrakurikuler Prakarya terhadap Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Main Authors: Ghina Junaenah, , Patimah, , Idah Faridah Laily,
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: CV. Edutrimedia Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/4534/
http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/15/17
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian:(1) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler prakarya di MI Hidayatus Shibyan. (2) Mengetahui kreativitas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler prakarya di MI Hidayatus Shibyan dalam proses belajar mengajar. (3) Mengetahui implementasi ekstrakurikuler prakarya dalam meningkatkan kreativitas siswa di MI Hidayatus Shibyan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler prakarya di MI Hidayatus Shibyan. Data penelitian dianalisis menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verivication). Hasil penelitian ini adalah (1) Ekstrakurikuler prakarya di MI Hidayatus Shibyan dilaksanakan diluar jam kegiatan belajar mengajar agar siswa yang mengiktui ekstrakurikuler prakarya dapat mengembangkan bakat yang dimiliki dan menjadikan siswa lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar, berprestasi dan percaya diri. (2) Kreativitas siswa yang mengikuti ekstrakurikuler prakarya di MI Hidayatus Shibyan dalam proses belajar mengajar dari 7 siswa yang mengikuti kegiatan sebanayak 2 siswa memperoleh nilai 95,9 dan 100 yang tergolong baik, sebanyak 3siswa yang memperoleh nilai 83,3 dan 87,5 yang tergolong sedang, dan 2 siswa memperoleh nilai 66,7 dan 75 yang tergolong cukup.(3) Implementasi ekstrakurikuler prakarya terhadap kreativitas siswa di MI Hidayatus Shibyan dalam proses belajar mengajar adalah siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler prakarya memang berbeda, seperti dari segi empati, dan tergolong tidak suka dalam pembelajaran yang hanya mendengarkan