Penguatan Kompetensi Guru Sains dalam Pembelajaran Abad ke 21 21

Main Authors: Kartimi, , Asep Mulyani,
Format: Patent NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/1/4.%20Naskah%20Akademik%20Kartimi%20Abad%2021.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/
ctrlnum 4328
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/</relation><title>Penguatan Kompetensi Guru Sains dalam Pembelajaran Abad ke 21 21</title><creator>Kartimi, </creator><creator>Asep Mulyani, </creator><subject>Teori dan Praktek Pendidikan</subject><subject>Pendidikan Tinggi</subject><description>Penelitian pengabdian berbasis prodi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sains dalam pembelajaran berbasis abad ke 21 setelah mendapatkan pelatihan. Kondisi awal guru sains yang menjadi objek yaitu: guru belum memahami dan mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran abad ke 21, sarana dan prasarana sekolah yang beragam, kebijakan setiap sekolah yang beragam dalam menerapkan aturan dalam pembelajaran di lingkungan sekolahnya. Adapun kondisi yang diharapkan. Dengan adanya pelatihan diharapkan guru-guru sains mempunyai pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan dalam mengelola pembelajaran abad ke 21 dalam mata pelajaran yang diampunya, mempunyai pemahaman dan keterampilan tentang cara menyusun RPP, merancang penilaian, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran sehingga dapat menerapkannya dalam di kelas. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Studi pendahuluan, merupakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data dan diskusi dengan praktisi terkait pembelajaran abad ke 21. Perencanaan, merupakan tahapan yang dilakukan untuk merancang jenis pelatihan yang perlukan oleh para guru, serta kajian terkait materi yang akan dilatihkan. Pelaksanaan, merupakan tahapan pelaksanaan pelatihan bagi para guru sains dilanjutkan dengan pendampingan dan simulasi pembelajaran berbasis abad ke 21. Evaluasi, merupakan tahapan review dan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan. Hasil dari penelitian pengebadian masyarakat berbasis prodi menunjukan bahwa guru-guru sains mempunyai pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan dalam mengelola pembelajaran abad ke 21</description><date>2019</date><type>Other:Patent</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/1/4.%20Naskah%20Akademik%20Kartimi%20Abad%2021.pdf</identifier><identifier> Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sertifikat HAKI Karya Tulis (Artikel). Kartimi (2019) Penguatan Kompetensi Guru Sains dalam Pembelajaran Abad ke 21 21. 000195178. </identifier><relation>web.syekhnurjati.ac.id</relation><relation>000195178</relation><recordID>4328</recordID></dc>
language eng
format Other:Patent
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kartimi,
Asep Mulyani,
title Penguatan Kompetensi Guru Sains dalam Pembelajaran Abad ke 21 21
publishDate 2019
topic Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan Tinggi
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/1/4.%20Naskah%20Akademik%20Kartimi%20Abad%2021.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/4328/
contents Penelitian pengabdian berbasis prodi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sains dalam pembelajaran berbasis abad ke 21 setelah mendapatkan pelatihan. Kondisi awal guru sains yang menjadi objek yaitu: guru belum memahami dan mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran abad ke 21, sarana dan prasarana sekolah yang beragam, kebijakan setiap sekolah yang beragam dalam menerapkan aturan dalam pembelajaran di lingkungan sekolahnya. Adapun kondisi yang diharapkan. Dengan adanya pelatihan diharapkan guru-guru sains mempunyai pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan dalam mengelola pembelajaran abad ke 21 dalam mata pelajaran yang diampunya, mempunyai pemahaman dan keterampilan tentang cara menyusun RPP, merancang penilaian, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran sehingga dapat menerapkannya dalam di kelas. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu: Studi pendahuluan, merupakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data dan diskusi dengan praktisi terkait pembelajaran abad ke 21. Perencanaan, merupakan tahapan yang dilakukan untuk merancang jenis pelatihan yang perlukan oleh para guru, serta kajian terkait materi yang akan dilatihkan. Pelaksanaan, merupakan tahapan pelaksanaan pelatihan bagi para guru sains dilanjutkan dengan pendampingan dan simulasi pembelajaran berbasis abad ke 21. Evaluasi, merupakan tahapan review dan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan. Hasil dari penelitian pengebadian masyarakat berbasis prodi menunjukan bahwa guru-guru sains mempunyai pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan dalam mengelola pembelajaran abad ke 21
id IOS3865.4328
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2023-03-08T23:31:14Z
last_indexed 2023-03-08T23:31:14Z
recordtype dc
_version_ 1759844774525796352
score 17.538404