Literasi Awal Al-Qur'an untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Reading Aloud
Main Author: | Eti Nurhayati, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Syekh Nurjati Cirebon
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/3520/1/Literasi%20Awal%20Al-Qur%27an%20.....pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/3520/ |
Daftar Isi:
- Banyak ragam metode dan teknik pemelajaran al-Qur’an yang telah digunakan dan berkembang luas di Indonesia untuk para pebelajar pemula, termasuk anak usia dini. Berdasarkan studi penulis, ditemukan setidaknya enam belas metode dan sembilan teknik pemelajaran al-Qur’an. Metode-metode tersebut adalah: Baghdadiyah klasik, Baghdadi ala Malaysia, Barqi, Tilawati, Qira’ati, Iqra, Iqra Terpadu, Iqra Klasikal, Lamma, Nahdhiyah, Wafa, Muyassar, Yanbu’a, Ummi, Rubaiyat, dan Ijmali. Tekniknya antara lain: Al-Bana, AlBayan, Sintetik, Bunyi, Meniru, Campuran, Libat, Talqin, dan Specch&Read Aloud (SRA). Setiap metode dan teknik tersebut memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Studi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi teknik Reading aloud digunakan sebagai pengenalan literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif di RA Al-Ishlah Bobos Cirebon. Kesimpulan penelitian: (1) Teknik Reading aloud sangat efektif digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an untuk anak usia dini, terutama dalam pengucapan huruf hijaiyyah, lafadz, ayat, dan surah al-Qur’an (2) Teknik Reading aloud sangat efisien digunakan dalam pemelajaran literasi awal al-Qur’an ukarena efisien, mudah, murah, simpel, dan fleksibel digunakan oleh guru, dan menyenangkan bagi anak usia dini.