PENGGUNAAN INSTRUCTIONAL MANAGEMENT JACOB KOUNIN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR DAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SDN TENAJAR KIDUL KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU

Main Author: M. ATIK,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/2482/1/MPI-116010013%20-%20Abstraksi.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2482/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • M. ATIK. Penggunaan Instructional Management Jacob Kounin Hubungannya dengan Prestasi Belajar dan Mutu Layanan Pendidikan di SDN Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Tenajar Kidul adalah kurangnya minat belajar siswa, kurangnya kemampuan berpikir ilmiah, lemahnya kemampuan siswa, kurangnya kesadaran dalam beribadah dan berakhlaqul karimah. Kondisi demikian disebabkan antara lain karena kurang bervariasinya dalam penggunaan metode pembelajaran, khususnya kemampuan guru dalam memanajemen kelas. Jadi masalahnya dengan diterapkannya model pembelajaran jacob kounin di SDN Tenajar Kidul dapat meningkatkan prestasi belajar dan mutu layanan pendidikan? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses perencanaan penerapan, penilaian, dan dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pembelajaran dengan manajemen pembelajaran Jacob Kounin terhadap prestasi belajar dan mutu layanan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa manajemen pengajaran Jacob Kounin dapat meningkatkan prestasi belajar dan mutu pembelajaran, karena model Kounin mengarahkan konsistensi perhatian siswa dan mengantisipasi terjadinya perilaku menyimpang yang merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, studi dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian data penyebaran angket dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan penafsirannya serta rumus komparasi. Kesimpulan bahwa manajemen kelas di SDN Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu termasuk dalam kategori sangat baik.. Prestasi belajar dan mutu layanan pendidikan di SDN Tenajar Kidul termasuk dalam kategori sangat baik. Terdapat hubungan yang signifikan dari manajemen Jacob Kounin terhadap prestasi belajar dan mutu layanan pendidikan di SDN Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu.