PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Penelitian Pada BMT Nur’Ianah Kec. Weru Kab. Cirebon)
Main Author: | DEDE SULAEMAN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2422/1/Dede%20Sulaeman-min.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2422/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- DEDE SULAEMAN : PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BMT NUR’IANAH KEC. WERU KAB. CIREBON Dalam dunia bisnis perkembangan BMT sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat kalangan bawah, dalam hal ini untuk meningkatkan perkembangan BMT diperlukan mutu pelayanan yang baik guna memuaskan keinginan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan BMT itu sendiri dan mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan serta untuk mengetahui pengaruh antara mutu pelayanan dengan kepuasan nasabah pada BMT Nur’Ianah Kec. Weru Kab. Cirebon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan observasi, angket yang dibagikan kepada nasabah BMT Nur’Ianah Kec. Weru Kab. Cirebon . Adapun hasil penelitian ini adalah Y = 5,802 + 0,846X. Dari analisis regresi linear sederhana melalui bantuan program SPSS 17.0 for windows didapatkan kesimpulan bahwa mutu pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan nasabah, yaitu R=0,910, hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang sangat kuat antara mutu pelayanan dengan kepuasan nasabah. Dari hasil uji statistik didapatkan nilai thitung = 13,529 lebih besar dari ttabel = 2,042 hal ini menujukan bahwa mutu pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Nasabah, BMT Nur’Ianah