PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI ANTIKORUPSI PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP VETERAN CIREBON
Main Author: | RIFQI AZIZ, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2119/1/RIFQI%20AZIZ%20ips%20%28WM%20BLM%29.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2119/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
Daftar Isi:
- RIFQI AZIZ Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh penulis di SMP Veteran Kota Cirebon, ditemukan bahwa peran guru dalam menanamkan nilai-nilai luhur sangat berperan dalam pembentukan sikap siswa. Contohnya saja dalam menanamkan nilai antikorupsi siswa yang dilakukan oleh seorang guru mata pelajaran IPS. Mata pelajaran IPS sangat berperan dalam mewujudkan nilai-nilai moral sejak masih usia dini karena mata pelajaran IPS merupakan studi yang membahas tentang gejala serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi adanya kasus korupsi yang marak terjadi di negeri Indonesia. Menumbuhkan sikap untuk tidak melakukan tindakan korupsi sejak masih duduk di bangku sekolah melalui peran guru dan mata pelajaran IPS. Serta untuk meningkatkan rasa jujur, adil, bijaksana dan tanggungjawab pada siswa sejak masih duduk di bangku sekolah. Korupsi merupakan masalah paling krusial yang ada di Indonesia. Apalagi di era modern ini masalah korupsi semakin merajalela. Korupsi hamper dijumpai pada semua ranah masyarakat. Peran lembaga-lembaga pun di harapkan mampu merubah situasi seperti ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif deskriptif. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data empirik diambil melalui hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPS, para siswa, serta dalam kegiatan sehari-hari di sekolah SMP Veteran. Sedangkan data teoritik diambil dari referensi-referensi buku yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam kegiatan belajar mengajar ataupun di luar kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh bagi pembentukan sikap antikorupsi siswa 2) implikasi mata pelajaran IPS bagi pembentukan sikap antikorupsi untuk mendukung adanya generasi penerus bangsa yang jujur, adil, bijak, arif, dan tanggung jawab. 3) adanya pencontohan sikap antikorupsi yang dilakukan oleh seorang guru dalam menanamkan jiwa antikorupsi kepada siswa melalui pembelajaran IPS Kata kunci: peran guru dalam penanaman nilai antikorupsi, pembelajaran IPS