PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES

Main Author: Akbar Musyaffa,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
ctrlnum 2077
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/</relation><title>PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE&#xD; PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS&#xD; DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES</title><creator>Akbar Musyaffa, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Akbar Musyaffa :&#xD; Belajar dan mengajar merupakan proses yang dilakukan secara sadar yang&#xD; dilakukan oleh dua subjek pendidikan yaitu, Guru dan Murid. Masalah yang&#xD; timbul dalam proses belajar mengajar disebabkan kurang hubungan komunikasi&#xD; antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya sehingga proses&#xD; interaksi menjadi vakum. Hal tersebut terjadi di siswa SMP Negeri 1 Losari&#xD; Kabupaten Brebes yang proses belajar mengajarnya berlangsung secara monoton&#xD; tanpa adanya hubungan yang komunikatif antara siswa dengan guru serta siswa&#xD; dengan siswa yang lain.&#xD; Dalam kegiatan belajar, guru berperan sebagai pembimbing. Dalam&#xD; perannya sebagai pembimbing, guru harus sberusaha menghidupkan dan&#xD; memberikan motivasi, agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Dengan&#xD; demikian cara mengajar guru harus efektif dan dimengerti oleh anak didiknya,&#xD; baik dalam menggunakan model, teknik atau metode dalam mengajar yang akan&#xD; disampaikan kepada anak didiknya dalam proses belajar mengajar dan&#xD; disesuaikan dengan konsep yang diajarkan berdasarkan kebutuhan siswa dalam&#xD; proses belajar mengajar.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana&#xD; mengetahui data tentang penerapan metode pengajaran variatif, mengetahui data&#xD; tentang presentasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan menemukan data&#xD; tentang upaya-upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS&#xD; di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes.&#xD; Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian tindakan kelas&#xD; (PTK) dengan model siklus desain model Kemmis dan Taggart. Teknik&#xD; pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil&#xD; belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Losari&#xD; dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa.&#xD; Adapun hasil penelitian ini diperoleh dari analisis keseluruhan&#xD; bahwaprestasi belajar siswa melalui metode variatif mengalami peningkatan. Hal&#xD; itu berdasarkan tes hasil belajar dimana terdapat peningkatan prosentase pada&#xD; kriteria nilai sangat baik (A) dan baik (B). Sebaliknya terdapat penurunan&#xD; prosentase pada kriteria kurang (D) dan sangat kurang (E) pada tiap siklusnya.&#xD; Kata Kunci : prestasi belajar siswa, metode pengajaran variatif, pelajaran IPS</description><date>2015-06-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf</identifier><identifier> Akbar Musyaffa, (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>2077</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Akbar Musyaffa,
title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
contents Akbar Musyaffa : Belajar dan mengajar merupakan proses yang dilakukan secara sadar yang dilakukan oleh dua subjek pendidikan yaitu, Guru dan Murid. Masalah yang timbul dalam proses belajar mengajar disebabkan kurang hubungan komunikasi antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya sehingga proses interaksi menjadi vakum. Hal tersebut terjadi di siswa SMP Negeri 1 Losari Kabupaten Brebes yang proses belajar mengajarnya berlangsung secara monoton tanpa adanya hubungan yang komunikatif antara siswa dengan guru serta siswa dengan siswa yang lain. Dalam kegiatan belajar, guru berperan sebagai pembimbing. Dalam perannya sebagai pembimbing, guru harus sberusaha menghidupkan dan memberikan motivasi, agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Dengan demikian cara mengajar guru harus efektif dan dimengerti oleh anak didiknya, baik dalam menggunakan model, teknik atau metode dalam mengajar yang akan disampaikan kepada anak didiknya dalam proses belajar mengajar dan disesuaikan dengan konsep yang diajarkan berdasarkan kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana mengetahui data tentang penerapan metode pengajaran variatif, mengetahui data tentang presentasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan menemukan data tentang upaya-upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus desain model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Losari dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa. Adapun hasil penelitian ini diperoleh dari analisis keseluruhan bahwaprestasi belajar siswa melalui metode variatif mengalami peningkatan. Hal itu berdasarkan tes hasil belajar dimana terdapat peningkatan prosentase pada kriteria nilai sangat baik (A) dan baik (B). Sebaliknya terdapat penurunan prosentase pada kriteria kurang (D) dan sangat kurang (E) pada tiap siklusnya. Kata Kunci : prestasi belajar siswa, metode pengajaran variatif, pelajaran IPS
id IOS3865.2077
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2017-07-11T04:44:20Z
last_indexed 2017-07-11T04:44:20Z
recordtype dc
_version_ 1759844765810032640
score 17.13294