PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES
Main Author: | Akbar Musyaffa, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
ctrlnum |
2077 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/</relation><title>PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE
PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS
DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES</title><creator>Akbar Musyaffa, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Akbar Musyaffa :
Belajar dan mengajar merupakan proses yang dilakukan secara sadar yang
dilakukan oleh dua subjek pendidikan yaitu, Guru dan Murid. Masalah yang
timbul dalam proses belajar mengajar disebabkan kurang hubungan komunikasi
antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya sehingga proses
interaksi menjadi vakum. Hal tersebut terjadi di siswa SMP Negeri 1 Losari
Kabupaten Brebes yang proses belajar mengajarnya berlangsung secara monoton
tanpa adanya hubungan yang komunikatif antara siswa dengan guru serta siswa
dengan siswa yang lain.
Dalam kegiatan belajar, guru berperan sebagai pembimbing. Dalam
perannya sebagai pembimbing, guru harus sberusaha menghidupkan dan
memberikan motivasi, agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Dengan
demikian cara mengajar guru harus efektif dan dimengerti oleh anak didiknya,
baik dalam menggunakan model, teknik atau metode dalam mengajar yang akan
disampaikan kepada anak didiknya dalam proses belajar mengajar dan
disesuaikan dengan konsep yang diajarkan berdasarkan kebutuhan siswa dalam
proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana
mengetahui data tentang penerapan metode pengajaran variatif, mengetahui data
tentang presentasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan menemukan data
tentang upaya-upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan model siklus desain model Kemmis dan Taggart. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil
belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Losari
dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa.
Adapun hasil penelitian ini diperoleh dari analisis keseluruhan
bahwaprestasi belajar siswa melalui metode variatif mengalami peningkatan. Hal
itu berdasarkan tes hasil belajar dimana terdapat peningkatan prosentase pada
kriteria nilai sangat baik (A) dan baik (B). Sebaliknya terdapat penurunan
prosentase pada kriteria kurang (D) dan sangat kurang (E) pada tiap siklusnya.
Kata Kunci : prestasi belajar siswa, metode pengajaran variatif, pelajaran IPS</description><date>2015-06-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf</identifier><identifier> Akbar Musyaffa, (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>2077</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Akbar Musyaffa, |
title |
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE
PENGAJARAN VARIATIF PADA MATA PELAJARAN IPS
DI SMP NEGERI 1 LOSARI KABUPATEN BREBES |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/1/AKBAR%20MUSYAFFA.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2077/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
contents |
Akbar Musyaffa :
Belajar dan mengajar merupakan proses yang dilakukan secara sadar yang
dilakukan oleh dua subjek pendidikan yaitu, Guru dan Murid. Masalah yang
timbul dalam proses belajar mengajar disebabkan kurang hubungan komunikasi
antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya sehingga proses
interaksi menjadi vakum. Hal tersebut terjadi di siswa SMP Negeri 1 Losari
Kabupaten Brebes yang proses belajar mengajarnya berlangsung secara monoton
tanpa adanya hubungan yang komunikatif antara siswa dengan guru serta siswa
dengan siswa yang lain.
Dalam kegiatan belajar, guru berperan sebagai pembimbing. Dalam
perannya sebagai pembimbing, guru harus sberusaha menghidupkan dan
memberikan motivasi, agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Dengan
demikian cara mengajar guru harus efektif dan dimengerti oleh anak didiknya,
baik dalam menggunakan model, teknik atau metode dalam mengajar yang akan
disampaikan kepada anak didiknya dalam proses belajar mengajar dan
disesuaikan dengan konsep yang diajarkan berdasarkan kebutuhan siswa dalam
proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana
mengetahui data tentang penerapan metode pengajaran variatif, mengetahui data
tentang presentasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan menemukan data
tentang upaya-upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
di SMPN 1 Losari Kabupaten Brebes.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan model siklus desain model Kemmis dan Taggart. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil
belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Losari
dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa.
Adapun hasil penelitian ini diperoleh dari analisis keseluruhan
bahwaprestasi belajar siswa melalui metode variatif mengalami peningkatan. Hal
itu berdasarkan tes hasil belajar dimana terdapat peningkatan prosentase pada
kriteria nilai sangat baik (A) dan baik (B). Sebaliknya terdapat penurunan
prosentase pada kriteria kurang (D) dan sangat kurang (E) pada tiap siklusnya.
Kata Kunci : prestasi belajar siswa, metode pengajaran variatif, pelajaran IPS |
id |
IOS3865.2077 |
institution |
IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
585 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
library_id |
773 |
collection |
Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
repository_id |
3865 |
subject_area |
Islam Psychological Computer Science Syariah |
city |
KOTA CIREBON |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3865 |
first_indexed |
2017-07-11T04:44:20Z |
last_indexed |
2017-07-11T04:44:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1759844765810032640 |
score |
17.13294 |