PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK TALK WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI PALIMANAN

Main Author: SOFIYATULLAELIYAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/2057/1/SOFIYATULLAELIYAH%20%28WM%20BLM%29.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2057/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
Daftar Isi:
  • SOFIYATULLAELIYAH : IPA merupakan salah satu pelajaran yang memerlukan aktivitas siswa dalam proses pembelajarannya. Hal ini karena aktivitas siswa sangat penting untuk mengukur keberhasilan suatu pembelajaran. Apabila aktivitas siswa menurun maka pelajaran akan susah dipahami. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa diharuskan untuk berfikir menemukan ide-ide yang berkaitan dengan materi pembelajaran sehingga siswa harus mempersiapkan terlebih dahulu untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya siswa masih pasif dan adanya perilaku acuh terhadap materi yang diajarkan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui aktivitas siswa pada saat penerapan Model TTW (Think, Talk, Write).(2) mengetahui seberapa besar perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan Model TTW (Think, Talk, Write) dengan yang tanpa menerapkan TTW (Think, Talk, Write).(3) untuk mengetahui respon siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model TTW (Think, Talk, Write).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pre-test dan post-test), observasi, dan angket. Sampel sebanyak 78 siswa yaitu kelas VIIA (kelas eksperimen) berjumlah 39 siswa dan kelas VIIB (kelas Kontrol) berjumlah 39 siswa. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan SPSS V.16 melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T Independent Sampel Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan hasil analisis observasi, aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write). (2) berdasarkan uji T Independent Sampel Test, terdapat peningkatkan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write). (3) berdasarkan analisis angket, respon siswa sangat baik dengan kategori sangat setuju. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata kunci : Model TTW (Think, Talk, Write), Hasil Belajar, Ekosistem