PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI WILAYAH KABUPATEN CIREBON
Main Author: | IDA KASIDA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
ctrlnum |
2012 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/</relation><title>PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN
UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI
WILAYAH KABUPATEN CIREBON</title><creator>IDA KASIDA, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>IDA KASIDA :
Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Wilayah Kabupaten Cirebon tahun ajaran
2014/ 2015. Berdasarkan kegiatan observasi awal yang dilakukan, peneliti melihat dalam
proses evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah biasanya menggunakan tes pilihan
ganda. Akan tetapi, seringkali siswa menjawab denga cara menebak sehingga proses
evaluasi yang berjalan tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan
soal pilihan ganda beralasan. Dimana siswa selain menjawab juga harus mampu memberi
alasan memilih jawaban tersebut. Adanya pengembangan soal pilihan ganda beralasa
diharapkan siswa dapat dijadikan latihan untuk mengembangkan kemampuan berpikir
kritis siswa. Sehingga siswa mampu manggali pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki
dalam menjawab soal dan menemukan pengetahuan dengan mamaksimalkan kemampuan
otaknya. Maka dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk mengembangkan instrumen
tes berupa soal-soal pilihan ganda beralasan yang bertujuan sejauh mana efektivitas
pengembangan soal-soal pilihan ganda pada pokok bahasan Ekosistem untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal-soal biologi jenis pilihan
ganda beralasan untuk mengukur berpikir kritis siswa. Untuk menghasilkan soal-soal
biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara
validitas logis meliputi konten, bahasa, dan konstruksi. Dan untuk mengahasilkan soal-soal
biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara
validitas empiris yang meliputi, validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan
efektifitas distaktor.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan R & D (Research &
Development). Penelitian pengembangan itu terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya
study pendahuluan, tahap uji terbatas dengan jumlah sampel 25 siswa yang terdiri atas 70
soal , validasi soal dari asli dalam bidang biologi, uji coba lapangan 1 dengan jumlah
sampel 65 siswa yang terdiri 42 soal dan kemudian uji coba lapangan 2 dengan jumlah
sampel 58 siswa yang terdiri 32 soal dikembangkan, dan dievaluasikan secara masal.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes pilihan ganda beralasan, dan
komentar Tim ahli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis validitas empiris menghasilkan
karakteristik butir soal meliputi nilai rata-rata validitas sebesar 0,217 (rendah),
realibilitas sebersar 0,34 (rendah), tingkat kesukaran sebesar 0,578 (sedang), daya
pembeda sebesar 0,241 (cukup) dan keberfungsian pengecoh sebesar 96 % (belum
berfungsi dengan baik). (2) Sedangkan efektifitas keterampilan berpikir kritis siswa yang
paling rendah ditempati pada indicator KBK 2, 4, DAN 5. Sedangkan kemampuan berpikir
kritis yang muncul pada siswa SMA kelas X yaitu ke arah indicator KBK 3 dan KBK 1.
Kata kunci : pengembangan soal-soal pilihan ganda beralasan, keterampilan berpikir
kritis, ekosistem</description><date>2015-08-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf</identifier><identifier> IDA KASIDA, (2015) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI WILAYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>2012</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
IDA KASIDA, |
title |
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN
UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI
WILAYAH KABUPATEN CIREBON |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/ http://repository.syekhnurjati.ac.id |
contents |
IDA KASIDA :
Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Wilayah Kabupaten Cirebon tahun ajaran
2014/ 2015. Berdasarkan kegiatan observasi awal yang dilakukan, peneliti melihat dalam
proses evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah biasanya menggunakan tes pilihan
ganda. Akan tetapi, seringkali siswa menjawab denga cara menebak sehingga proses
evaluasi yang berjalan tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan
soal pilihan ganda beralasan. Dimana siswa selain menjawab juga harus mampu memberi
alasan memilih jawaban tersebut. Adanya pengembangan soal pilihan ganda beralasa
diharapkan siswa dapat dijadikan latihan untuk mengembangkan kemampuan berpikir
kritis siswa. Sehingga siswa mampu manggali pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki
dalam menjawab soal dan menemukan pengetahuan dengan mamaksimalkan kemampuan
otaknya. Maka dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk mengembangkan instrumen
tes berupa soal-soal pilihan ganda beralasan yang bertujuan sejauh mana efektivitas
pengembangan soal-soal pilihan ganda pada pokok bahasan Ekosistem untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal-soal biologi jenis pilihan
ganda beralasan untuk mengukur berpikir kritis siswa. Untuk menghasilkan soal-soal
biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara
validitas logis meliputi konten, bahasa, dan konstruksi. Dan untuk mengahasilkan soal-soal
biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara
validitas empiris yang meliputi, validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan
efektifitas distaktor.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan R & D (Research &
Development). Penelitian pengembangan itu terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya
study pendahuluan, tahap uji terbatas dengan jumlah sampel 25 siswa yang terdiri atas 70
soal , validasi soal dari asli dalam bidang biologi, uji coba lapangan 1 dengan jumlah
sampel 65 siswa yang terdiri 42 soal dan kemudian uji coba lapangan 2 dengan jumlah
sampel 58 siswa yang terdiri 32 soal dikembangkan, dan dievaluasikan secara masal.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes pilihan ganda beralasan, dan
komentar Tim ahli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis validitas empiris menghasilkan
karakteristik butir soal meliputi nilai rata-rata validitas sebesar 0,217 (rendah),
realibilitas sebersar 0,34 (rendah), tingkat kesukaran sebesar 0,578 (sedang), daya
pembeda sebesar 0,241 (cukup) dan keberfungsian pengecoh sebesar 96 % (belum
berfungsi dengan baik). (2) Sedangkan efektifitas keterampilan berpikir kritis siswa yang
paling rendah ditempati pada indicator KBK 2, 4, DAN 5. Sedangkan kemampuan berpikir
kritis yang muncul pada siswa SMA kelas X yaitu ke arah indicator KBK 3 dan KBK 1.
Kata kunci : pengembangan soal-soal pilihan ganda beralasan, keterampilan berpikir
kritis, ekosistem |
id |
IOS3865.2012 |
institution |
IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
585 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
library_id |
773 |
collection |
Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon |
repository_id |
3865 |
subject_area |
Islam Psychological Computer Science Syariah |
city |
KOTA CIREBON |
province |
JAWA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3865 |
first_indexed |
2017-07-11T04:44:20Z |
last_indexed |
2017-07-11T04:44:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1759844765326639104 |
score |
17.13294 |