PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI WILAYAH KABUPATEN CIREBON

Main Author: IDA KASIDA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
ctrlnum 2012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/</relation><title>PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN&#xD; UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA&#xD; PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI&#xD; WILAYAH KABUPATEN CIREBON</title><creator>IDA KASIDA, </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>IDA KASIDA :&#xD; Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Wilayah Kabupaten Cirebon tahun ajaran&#xD; 2014/ 2015. Berdasarkan kegiatan observasi awal yang dilakukan, peneliti melihat dalam&#xD; proses evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah biasanya menggunakan tes pilihan&#xD; ganda. Akan tetapi, seringkali siswa menjawab denga cara menebak sehingga proses&#xD; evaluasi yang berjalan tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan&#xD; soal pilihan ganda beralasan. Dimana siswa selain menjawab juga harus mampu memberi&#xD; alasan memilih jawaban tersebut. Adanya pengembangan soal pilihan ganda beralasa&#xD; diharapkan siswa dapat dijadikan latihan untuk mengembangkan kemampuan berpikir&#xD; kritis siswa. Sehingga siswa mampu manggali pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki&#xD; dalam menjawab soal dan menemukan pengetahuan dengan mamaksimalkan kemampuan&#xD; otaknya. Maka dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk mengembangkan instrumen&#xD; tes berupa soal-soal pilihan ganda beralasan yang bertujuan sejauh mana efektivitas&#xD; pengembangan soal-soal pilihan ganda pada pokok bahasan Ekosistem untuk mengukur&#xD; kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester II.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal-soal biologi jenis pilihan&#xD; ganda beralasan untuk mengukur berpikir kritis siswa. Untuk menghasilkan soal-soal&#xD; biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara&#xD; validitas logis meliputi konten, bahasa, dan konstruksi. Dan untuk mengahasilkan soal-soal&#xD; biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara&#xD; validitas empiris yang meliputi, validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan&#xD; efektifitas distaktor.&#xD; Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan R &amp; D (Research &amp;&#xD; Development). Penelitian pengembangan itu terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya&#xD; study pendahuluan, tahap uji terbatas dengan jumlah sampel 25 siswa yang terdiri atas 70&#xD; soal , validasi soal dari asli dalam bidang biologi, uji coba lapangan 1 dengan jumlah&#xD; sampel 65 siswa yang terdiri 42 soal dan kemudian uji coba lapangan 2 dengan jumlah&#xD; sampel 58 siswa yang terdiri 32 soal dikembangkan, dan dievaluasikan secara masal.&#xD; Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes pilihan ganda beralasan, dan&#xD; komentar Tim ahli.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis validitas empiris menghasilkan&#xD; karakteristik butir soal meliputi nilai rata-rata validitas sebesar 0,217 (rendah),&#xD; realibilitas sebersar 0,34 (rendah), tingkat kesukaran sebesar 0,578 (sedang), daya&#xD; pembeda sebesar 0,241 (cukup) dan keberfungsian pengecoh sebesar 96 % (belum&#xD; berfungsi dengan baik). (2) Sedangkan efektifitas keterampilan berpikir kritis siswa yang&#xD; paling rendah ditempati pada indicator KBK 2, 4, DAN 5. Sedangkan kemampuan berpikir&#xD; kritis yang muncul pada siswa SMA kelas X yaitu ke arah indicator KBK 3 dan KBK 1.&#xD; Kata kunci : pengembangan soal-soal pilihan ganda beralasan, keterampilan berpikir&#xD; kritis, ekosistem</description><date>2015-08-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf</identifier><identifier> IDA KASIDA, (2015) PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI WILAYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. </identifier><relation>http://repository.syekhnurjati.ac.id</relation><recordID>2012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author IDA KASIDA,
title PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMA DI WILAYAH KABUPATEN CIREBON
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/1/IDA%20KASIDA%20BIOLOGI%20%28WM%20BLM%29.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/2012/
http://repository.syekhnurjati.ac.id
contents IDA KASIDA : Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Wilayah Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2014/ 2015. Berdasarkan kegiatan observasi awal yang dilakukan, peneliti melihat dalam proses evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah biasanya menggunakan tes pilihan ganda. Akan tetapi, seringkali siswa menjawab denga cara menebak sehingga proses evaluasi yang berjalan tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan soal pilihan ganda beralasan. Dimana siswa selain menjawab juga harus mampu memberi alasan memilih jawaban tersebut. Adanya pengembangan soal pilihan ganda beralasa diharapkan siswa dapat dijadikan latihan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga siswa mampu manggali pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki dalam menjawab soal dan menemukan pengetahuan dengan mamaksimalkan kemampuan otaknya. Maka dalam penelitian ini penulis bermaksud untuk mengembangkan instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda beralasan yang bertujuan sejauh mana efektivitas pengembangan soal-soal pilihan ganda pada pokok bahasan Ekosistem untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal-soal biologi jenis pilihan ganda beralasan untuk mengukur berpikir kritis siswa. Untuk menghasilkan soal-soal biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara validitas logis meliputi konten, bahasa, dan konstruksi. Dan untuk mengahasilkan soal-soal biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsesp ekosistem yang telah dianalisis secara validitas empiris yang meliputi, validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas distaktor. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan R & D (Research & Development). Penelitian pengembangan itu terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya study pendahuluan, tahap uji terbatas dengan jumlah sampel 25 siswa yang terdiri atas 70 soal , validasi soal dari asli dalam bidang biologi, uji coba lapangan 1 dengan jumlah sampel 65 siswa yang terdiri 42 soal dan kemudian uji coba lapangan 2 dengan jumlah sampel 58 siswa yang terdiri 32 soal dikembangkan, dan dievaluasikan secara masal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes pilihan ganda beralasan, dan komentar Tim ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis validitas empiris menghasilkan karakteristik butir soal meliputi nilai rata-rata validitas sebesar 0,217 (rendah), realibilitas sebersar 0,34 (rendah), tingkat kesukaran sebesar 0,578 (sedang), daya pembeda sebesar 0,241 (cukup) dan keberfungsian pengecoh sebesar 96 % (belum berfungsi dengan baik). (2) Sedangkan efektifitas keterampilan berpikir kritis siswa yang paling rendah ditempati pada indicator KBK 2, 4, DAN 5. Sedangkan kemampuan berpikir kritis yang muncul pada siswa SMA kelas X yaitu ke arah indicator KBK 3 dan KBK 1. Kata kunci : pengembangan soal-soal pilihan ganda beralasan, keterampilan berpikir kritis, ekosistem
id IOS3865.2012
institution IAIN Syekh Nurjati Cirebon
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 585
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
library_id 773
collection Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon
repository_id 3865
subject_area Islam
Psychological
Computer Science
Syariah
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3865
first_indexed 2017-07-11T04:44:20Z
last_indexed 2017-07-11T04:44:20Z
recordtype dc
_version_ 1759844765326639104
score 17.13294