UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS

Main Author: Yeti Nurizzati, YN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Tadris IPS , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/1513/1/327
http://repository.syekhnurjati.ac.id/1513/
http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/index
Daftar Isi:
  • 93 Jurnal Edueksos Vol I No 2, Juli - Desember 2012 UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS Yeti Nurizzati ABSTRAK Pesatnya perkembangan zaman, menuntut dunia pendidikan mampu mencetak mahasiswa yang mampu bersaing dalam dunia kerja, dan mampu bertahan terhadap seleksi sosial yang berlaku di masyarakat. Apalagi mahasiswa IPS, dimana lulusannya berhadapan langsung dengan masyarakat dan diharapkan mampu memberikan solusi terhadap isu sosial yang muncul di masyarakat. Hal ini menuntut mahasiswa IPS untuk mampu berpikir kritis dan kreatif. Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis kontekstual (CTL), pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (CPS), pemilihan media dan sumber referensi yang sesuai, serta mengajarkan konsep, generalisasi, isu sosial dan berbagai keterampilan IPS. Kata Kunci : Berpikir kritis dan kreatif, Contextual Teaching and Learning (CTL), Creative Problem Solving (CPS)