PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH (MA) SALAFIYAH KANGGRAKSAN KOTA CIREBON

Main Author: EVA SANI ATURRIVA’I,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.syekhnurjati.ac.id/1071/1/EVA%20SANI%20A_07410130__OK.pdf
http://repository.syekhnurjati.ac.id/1071/
Daftar Isi:
  • EVA SANI ATURRIVA’I : Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon Profesi guru mempunyai arti yang sangat penting karena berperana sebagai figur sentral dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam suatu proses pembelajaran mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menganalisis proses pembelajaran pada intinya bertumpu pada suatu persoalan, yaitu bagaimana guru menerapkan kompetensi atau kemampuan yang dimilikinya ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pengajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi profesional guru al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon, efektivitas pembelajaran siswa Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon, dan pengaruh kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa seorang guru dituntut menguasai sejumlah kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan proses pembelajaran antara lain: kemampuan menguasai bahan ajar, kemampuan dalam mengelola kelas, kemampuan dalam menggunakan metode, media, dan sumber belajar, dan kemampuan untuk melakukan penilaian baik proses maupun hasil. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1.Kompetensi profesional guru al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon berada dalam katagori baik dengan skor 80,94%. 2. Efektivitas pembelajaran siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon berada dalam katagori cukup dengan skor 66,56%. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kanggraksan Kota Cirebon termasuk katagori rendah dengan rhitung sebesar 0,24.