Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan E-Procurement Menggunakan Service Quality Model (Studi di Kabupaten Sidoarjo)

Main Authors: Wulandari, Tri Hasti; Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Suprapto, Yoyon Kusnendar; Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Affandi, Achmad; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada , 2019
Subjects:
Gap
Online Access: http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/519
http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/519/436
Daftar Isi:
  • Kelancaran pembangunan suatu daerah sangat erat hubungannya dengan proses pengadaan barang/jasa. Pelayanan yang baik dan berkualitas akan meningkatkan citra bagian pengadaan barang/jasa dalam melayani pengadaan barang/jasa di Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu, diperlukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan pelayanan guna mengetahui kualitas pelayanan yang sudah diberikan selama ini. Tujuan makalah ini adalah untuk mengetahui distribusi kepuasan pengguna berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empati dengan dua variabel kenyataan dan harapan, serta mengetahui hal-hal yang menghambat proses tender. Pengambilan data dilakukan dengan dua macam kuesioner internal dan eksternal menggunakan metode simple random sampling. Secara keseluruhan, 100% responden menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan, tetapi ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi. Hasil penelitian pada sisi eksternal terdapat gap yang sangat besar pada aspek kelengkapan proses pra-tender elektronik sebesar 5,60%, sedangkan dari sisi internal, gap terbesar adalah aspek perencanaan tender, yaitu 6,97%. Dimensi yang perlu menjadi prioritas untuk ditingkatkan kualitas pelayanannya sehingga memperkecil gap yang terjadi adalah pada dimensi assurance dari sisi eksternal dan responsiveness dari sisi internal.