IMPLEMENTASI E-MODUL METABOLISME PROTEIN DALAM PEMBELAJARAN BIOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Main Authors: Nurjayadi, Muktiningsih, Kurniadewi, Fera, Susanti, Tri
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/9991
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/9991/pdf
Daftar Isi:
  • Inovasi pembelajaran abad ke-21 harus dioptimalkan dengan menggunakan media dan sumber belajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan modul elektronik (e-modul) metabolisme protein sebagai bahan ajar pada pembelajaran biokimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Isi modul dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Profesional berdasarkan desain pembelajaran pada mata kuliah Biokimia sesuai dengan kurikulum dari program studi Pendidikan Kimia. Selain itu, e-modul dilengkapi dengan video, gambar, animasi, tautan ke berbagai sumber yang berkaitan dan tes formatif pada setiap materi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif non parametrik yaitu dengan membandingkan pengukuran kemampuan berpikir kritis sebelum belajar menggunakan e-modul dengan pengukuran kemampuan berpikir kritis setelah belajar menggunakan e-modul. Peningkatan berpikir kritis dilihat dari hasil pengukuran akhir menunjukkan pengurangan jumlah mahasiswa yang berkategori jelek dan peningkatan jumlah mahasiswa yang berkategori baik bahkan sangat baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga dilihat melalui Two Tail T-Test, dengan nilai thitung sebesar 4,775178 sedangkan nilai ttabel untuk Two Tail T-Test sebesar 2,02619, karena thitung > ttabel terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan pengukuran awal dan pengukuran akhir, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran biokimia menggunakan e-modul metabolisme protein ini.
  • Appropriate media and learning resources can optimize learning innovations in the 21st century. The use of technology has become an efficient alternative in the implementation of learning. This research aims to implement the protein metabolism electronic modules (e-modules) as biochemistry teaching materials to improve students’ critical thinking (CT) skills. This research refers to comparative quantitative nonparametric methods by comparing measurements of CT skills before applying e-modules during the lesson with the height of CT skills after using the e-module. The e-modules include videos, images, animations, links to various primary sources, and formative tests that follow the learning outcomes. As the result, the advancement of CT skills from the final measurements illustrated a reduction in the number of students categorized as bad and poor and an increasing number of students categorized as good and excellent. Furthermore, the skill improvement can also be seen through the Two Tail T-Test, with a tcount of 4.7752, while the ttable value for the Two Tail T-Test of 2.0262. Since tcount > ttable suggests a significant difference between the initial and final measurement scores test, H0 is rejected, and H1 is accepted. This research concludes that there is an increase in students' CT skills after participating in biochemistry learning using this protein metabolism e-module.