DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BLOG PADA MATERI HIDROKARBON

Main Authors: Septryanesti, Novita, Lazulva, Lazulva
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Department of Chemical Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/5659
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/5659/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R & D dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun penelitian ini terbatas sampai pada tahap ke 5. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia dan siswa kelas XII TKJ 2 SMK Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket uji validitas, uji praktikalitas, uji respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas e-modul pembelajaran kimia diperoleh sebesar 90,5% (sangat valid), tingkat praktikalitas diperoleh sebesar 95,2% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh sebesar 87,2% (sangat baik). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa e-modul pembelajaran kimia berbasis blog pada materi hidrokarbon yang diujicobakan layak dan praktis sebagai sumber belajar mandiri di sekolah.