Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA
Main Authors: | Wagirun, Wagirun; Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan, Irawan, Bambang; Universitas Muslim Nusantara Al Wasliyah Medan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/5033 http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/5033/2613 |
Daftar Isi:
- This study aims to describe the effectiveness of the use of project-based learning models. The stages of this research development include: (1) literature and field studies; (2) analysis of learning models, initial product design; and (3) evaluation. The instruments used were nontest and test. Non-test instruments use a questionnaire and test instruments use pre-test and post-test. The pre-test and post-test results show that the project-based learning model can effectively improve the ability to write explanatory texts in class XI MIA-1 students at SMA Negeri 1 Labuhan Deli in 2018/2019.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Tahapan penelitian pengembangan ini, meliputi: (1) studi literatur dan lapangan; (2) analisis model pembelajaran, desain produk awal; dan (3) evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah nontes dan tes. Instrumen nontes menggunakan angket dan instrumen tes menggunakan pre-tes dan pos-tes. Hasil pre-tes dan pos-tes menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pelajaran 2018/2019.