Strategi Belajar Siswa pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi

Main Author: Fatkhurrokhman, Mohammad; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/821
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/821/678
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi belajar siswa dalam memperoleh kompetensi pada kegiatan Praktik Kerja Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Informan pada penelitian ini adalah pembimbing industri, pembimbing siswa dari sekolah, dan siswa peserta praktik kerja industri. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yaitu model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan siswa dalam memperoleh kompetensi pada kegiatan praktik kerja industri yaitu (1) Belajar menggunakan panca indera; (2) Belajar memecahkan masalah; (3) Belajar mandiri; (4) Belajar melalui lingkungan kerja; dan (5) Belajar terus menerus dan diulang-ulang.