Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Main Authors: Imansari, Nurulita; IKIP PGRI Madiun, Sunaryantiningsih, Ina; IKIP PGRI Madiun
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Teacher Training and Education , 2017
Online Access: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/1478
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/1478/1169
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) untuk membuat e-modul interaktif yang memenuhi syarat valid sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Bengkel Listrik di IKIP PGRI Madiun, (2) untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro setelah menggunakan e-modul interaktif pada materi K3 dan (3) untuk mengetahui respon mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro terhadap e-moduli interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa semester V S1 Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun. Adapun rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study. Dalam penelitian ini diperoleh data sebagai berikut : (1) media pembelajaran e-modul interaktif yang dibuat telah layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar dikelas pada mata kuliah bengkel listrik, (2) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media e-modul interaktif dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 82,22, (3) respon mahasiswa terhadap penggunaan media e-modul interaktif pada proses pembelajaran juga masuk pada kategori baik.