Pengukuran Kinerja Kualitas Pelayanan Departemen Logistik dengan Metode OMAX

Main Authors: Satriansyah, Marisa, Katili, Putiri Bhuana, Anggraeni, Shanti Kirana
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Teknik Industri Untirta , 2013
Subjects:
Online Access: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jti/article/view/123
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jti/article/view/123/83
Daftar Isi:
  • PT. X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelabuhan dan departemen logistic service yang merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi PT. Xnkarena berperan besar bagi perusahaan dalam bidang operasional dan jasa pelayanan pelabuhan yang merupakan produk inti dari PT.X. Kualitas pelayanan terhadap pelanggan adalah tujuan utama dari departemen tersebut, sehingga diperlukan pengukuran kinerja untuk mengetahui bagaimanakah kinerja pada departemen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kimerja pada departemen tersebut. Pengukuran kinerja pada penelitian ini menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dimana pengukurannya difokuskan pada kriteria-kriteria inti, sehingga didapatkan kesimpulan departemen tersebut memiliki kinerja yang baik atau belum memuaskan ataupun buruk, yang selanjutnya diidentifikasi penyebab masalah pada kriteria tersebut dengan diagram fishbone dan diperbaiki dengan rancangan usulan perbaikan yang menggunakan metode 5W+1H. Berdasarkan hasil pengolahan data Januari 2012-Desember 2012 didapatkan Indeks Performansi departemen logistic service PT.X sebesar 8,055%. Angka tersebut menunjukkan bahwa kinerja departemen logistic service PT. X tahun 2012 adalah di bawah rata-rata atau masih di bawah kinerja standar.