PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V
Main Authors: | Agustina, Sri, Muslim, Arifin, Irianto, Sony |
---|---|
Other Authors: | PGSD Universitas Muhammadiyah Purwokerto |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Center for Research and Publication Universitas Islam Negeri (UIN) of Ar-Raniry
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4850 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4850/4625 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media gambar pada materi penyajian data. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 4 Teluk yang terdiri dari 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yaitu tes, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa serta lembar obervasi hasil belajar ranah psikomotor siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantun media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada materi penyajian data kelas V B SDN 4 Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas.