Kinerja Pelayanan Dan Operasional PDAM Tirta Kampar Terhadap Kebutuhan Air Bersih Kota Bangkinang, Provinsi Riau
Main Authors: | Syafitri, Syafitri, Dinata, Apriyan, Asteriani, Feby |
---|---|
Format: | Article Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Saintis
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.uir.ac.id/index.php/JS/article/view/830 |
Daftar Isi:
- Abstrak Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia, khususnya di perkotaan. Semakin bertambah jumlah penduduk maka kebutuhan akan air bersih juga akan semakin meningkat. Untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Bangkinang diperlukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan dan operasional PDAM Tirta Kampar yang mensuplai air bersih untuk Kabupaten Kampar. Kinerja pelayanan dan operasional dapat diketahui melalui penilaian terhadap kebutuhan air bersih domestik dan non domestik, kualitas air PDAM Tirta Kampar, tingkat kebocoran atau tingkat kehilangan air pada PDAM Tirta Kampar serta tingkat ketelitian meter air pada pelanggan PDAM Tirta Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kebutuhan air berih domestik dan non domestik, kebutuhan air domestik dan nondomestik dari tahun ke tahun semakin miningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Kualitas air yang diberikan PDAM kepada pelanggan cukup terjamin dari segi rasa, bau, warna sudah sesuai dengan standar depertemen kesehatan. Tingakat kehilangan air dari tahun ke tahun mengalami peningkatan pada tahun 2012 sebesar 3.008 liter/detik dan diperkirakan mencapai 6.805 liter/hari pada tahun 2025. ketelitian dalam pencatatan meteran air yang dilakukan oleh petugas PDAM dirasakan pelanggan dalam pembayaran rekening air baik dan sesuai. Kata Kunci : kinerja, pelayanan, PDAM, pembangunan, air bersih