Analisis Motivasi Belajar dan Kehadiran terhadap Nilai Kuliah Mahasiswa Menggunakan Teori Kuantifikasi Fuzzy (Analysis of Learning Motivation and the Attendance Against of Students Achievement Using Fuzzy Quantification Theory)
Main Author: | Agung Purwo W, Dwi Aryanto, Septian Ari Wibowo, Hindayati Mustafidah, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
University of Muhammadiyah Purwokerto
, 2013
|
Online Access: |
http://juita.ump.ac.id/index.php/juita/article/view/52 http://juita.ump.ac.id/index.php/juita/article/view/52/43 |
Daftar Isi:
- Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan tingkat kehadiran mahasiswa terhadap nilai mahasiswa pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan teori kuantifikasi fuzzy. Pengumpulan data dilakukan dengan metode literatur, angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui berapa besar motivasi belajar terhadap suatu mata kuliah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data kehadiran mahaiswa dan nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara indikator motivasi terhadap nilai mahasiswa dengan kehadiran lebih dari 11, dan indikator dapat mempertahankan pendapat yang paling berpengaruh, dengan nilai bobot kategori y = 3,5538μ(x) atau 0,2961x dan nilai tambahan konstribusi sebesar 2,5618μ(x) atau 0,2135x terhadap nilai mahasiswa. Kata kunci: teori kuantifikasi fuzzy, motivasi belajar, kehadiran mahasiswa, nilai mahasiswa. Abstract - This research to analyze the influence of learning motivation and student’s attendance rates of student’s for student’s achievement in Muhammadiyah University of Purwokerto using fuzzy quantification theory. The data was collected by literature methods questionnaires and documentation. Questionnaire method is used to obtain student’s attendance data and student’s achievement. The results of this research shows that there is influence between indicators of motivation to the student with the presence of more than 11, and the indicator can maintain the most influential opinion, with the weight category of y = 3.5538 μ(x) or 0.2961x and the additional value the contribution of 2.5618 μ(x) or 0.2135x on the student achievement.Keywords: fuzzy quantification theory, learning motivation, student’s attendance, student’s achievement