PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES
Main Authors: | Zainal, Shanty Galuh Perdanawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
P3M STISMU LUMAJANG
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/946 http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/946/424 |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan proses membantu manusia dalam mengembangkan ilmupengetahuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru adalahmodel pembelajaran konvensional, dimana kegiatan siswa di kelas cenderung pasif. Maka,guru dituntut untuk memilih model pembelajaran untuk membantu siswa dalammeningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatiftipe Examples Non Examples. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah meningkatkanaktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples NonExamples materi persegi dan persegi panjang? dan Bagaimanakah meningkatkan hasil belajarmatematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples materipersegi dan persegi panjang?. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakankelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 22-30 September 2022 di kelas VII MTsModern Hidayatul Hasan Lumajang. Metode pengumpulan data menggunakan, observasi,wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil analisisdata aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatanPersentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71,22% dan siklus ke II sebesar 86,10%, secaraklasikal persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus IIsebesar 88,89%. Maka aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui modelpembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples meningkat.