Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Menjaring Siswa Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program Madrasah Bertaraf Internasional Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto

Main Author: Anwar, Fauzi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: P3M STISMU LUMAJANG , 2022
Subjects:
Online Access: http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/385
http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/sirajuddin/article/view/385/235
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap penerapan strategi, hambatan dan cara yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dalam menjaring siswa adalah: Strategi segmentasi pasar, Strategi positioning, Strategi promosi, Strategi pelayanan sekolah dan Strategi produk. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam penerapan pemasaran jasa pendidikan adalah: Persaingan antar lembaga yang semakin menguat, minimnya dana dalam pemasaran jasa pendidikan. Sedangkan cara mengatasi hambatan dalam penerapan startegi pemasaran jasa pendidikan adalah:  Mengesave beberapa anggaran yang tidak diperlukan, Meningkatan pelayanan dan meningkatkan kualitas capaian.