MENGUKUR TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V.3 (Studi Kasus PT Wijaya Karya )

Main Authors: Adam, Willy; STMIK Bani Saleh JL. Mayor M. Hasibuan No. 68 Bekasi 17113, Agung, Rudi Budi; STMIK Bani Saleh JL. Mayor M. Hasibuan No. 68 Bekasi 17113, Komarudin, Dadang; STMIK Bani Saleh JL. Mayor M. Hasibuan No. 68 Bekasi 17113
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Politeknik Harapan Bersama , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/2924
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/2924/pdf_101
Daftar Isi:
  • Disaat ini perusahaan harus mengatur tata kelola TI sebagai perangkat pendukung proses bisnis perusahaan. Sesuai Peraturan Kementerian BUMN PER-02/MBU/2013 tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara maka teknologi informasi berperan penting dalam pengembangan usaha suatu perusahaan. Sehingga perlu dikembangkan secara terarah dan terukur di BUMN guna mendukung strategi bisnis BUMN sejalan dengan tujuan jangka panjang, menegah dann jangka pendek yang ingin dicapai oleh BUMN. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja ITIL V 3 domain service operation dan bertujuan untuk menilai tingkat kematangan (maturity level) terhadap layanan yang dimiliki dan rekomendasi penerapan berdasarkan panduan service operation. Dimana hasil maturity yang didapat dalam penelitian ini yaitu berada dilevel 4 (Managed) dikelola, pengukuran dan pemantaun terhadap kepatuhan dengan prosedur, serta pengambilan tindakan jika proses tidak berjalan secara efektif, dapat dilakukan. Namun dalam proses implementasinya diserahkan pada setiap individu dan dilakukan monitoring secara berkala melalui laporan per tiga bulan. Sehingga dapat meminimalkan penyimpangan terhadap prosedur dan kebijakan perusahaan. Akan tetapi ditemukan gap antara prosedur dengan implementasinya, sehingga dibutuhkan sosialisasi dan monitoring pada proses implementasinya. Kata Kunci : Penelitian, ITIL V 3, domain service operation, tata kelola TI, gap.