Pendidikan agama katolik dan budi pekerti SD Kelas IV
Main Authors: | Kotan, Daniel Boli, Kasmudi, Marianus |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/5212/1/b_6ab806bc-4afc-4158-bd61-e7fb30a10637.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/5212/ |
Daftar Isi:
- Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para peserta didik itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku peserta didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]