Profil PAUD dan Nonformal: buku 4 pulau Kalimantan, Bali, NTB dan NTT
Main Authors: | Dwilestari, Dian, Wahono, Wahono, Hakim, Abdul, Joko, Bambang Suwardi, Sumairawati, Fitri, Fati, Seruni Sintia |
---|---|
Other Authors: | Pandjaitan, Edison |
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pusat Data dan Statistk, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/22947/1/Profil%20PAUD%20buku%204.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/22947/ |
Daftar Isi:
- Buku Profil PAUD dan Nonformal ini merupakan salah satu hasil pendayagunaan data pendidikan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini disusun untuk memberikan gambaran tentang Pendidikan Nonformal (PNF) pada tahun 2012. Sesuai dengan namanya, buku ini mengulas tentang potret pendidikan nonformal di kabupaten/kota. Adapun isi dari Profil PAUD dan Nonformal ini adalah gambaran umum pendidikan nonformal di kabupaten/kota yang mencakup program-program pendidikan nonformal, yaitu pendidikan keaksaraan, pendidikan anak usia dini nonformal dan informal (kelompok bermain, taman penitipan anak, satuan PAUD sejenis dan TK), pendidikan kesetaraan (paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA), pendidikan berkelanjutan (kursus, pendidikan kecakapan hidup, kelompok belajar usaha) dan taman bacaan masyarakat, serta wadah program berupa pusat kegiatan belajar masyarakat dan pendidikan taman kanak-kanak. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan profil PAUD dan Nonformal ini adalah hasil dari instrumen profil PAUD dan Nonformal 2013 yang diambil dari survei pada tahun 2013. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen yang telah disusun. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dilengkapi dengan penjelasan cara membaca indikator menggunakan misi pendidikan 5K dari Rencana Strategis Pendidikan 2010-2014 di setiap lembaga dan kelompok belajar.