Mendukung kualitas pembelajaran melalui sekolah aman dan menyenangkan

Main Authors: Handayani, Meni, Siswantari, Siswantari, Astuti, Rahmah, Hariyanti, Erni
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Penelitian Kebijakan , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/21590/1/Puslitjak_2020_30_Mendukung_Kualitas_Pembelajaran_Melalui_Sekolah_Aman_dan_Menyenang.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/21590/
Daftar Isi:
  • Sekolah Aman dan Menyenangkan menjadi salah satu amanah Peraturan Pemerintah Nomor 32, Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan ayat 1, yaitu Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Sasaran utama dari Peraturan Pemerintah tersebut adalah pada kondisi lingkungan sekolah dan lingkungan kelas yang aman dan nyaman serta mampu memfasilitasi pembelajaran menyenangkan. Diketahui bahwa lingkungan sosial atau suasana kelas adalah penentu psikologis utama yang mempengaruhi hasil belajar. Pada era sekarang, sekolah harus mengubah fungsi dari institusi yang hanya mentransfer pengetahuan menjadi rumah kedua yang menciptakan ekosistem baru untuk penumbuhan karakter dan kompetensi yang dibutuhkan. Pembelajaran menyenangkan bukan hanya menjadi tanggung jawab guru kelas, melainkan juga harus didukung oleh manajemen sekolah yang kuat dan dipimpin kepala sekolah yang kreatif dan inovatif. Dengan kata lain, pembelajaran menyenangkan melibatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar proses, dan standar pengelolaan.