Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Main Authors: | Lestari, Irna Tri, Basuki, Irawan Santoso Suryo, Raziqiin, Khairur, Setiawan, Budiana |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pusat Penelitian Kebijakan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/21564/1/Puslitjak_2020_24_Implementasi_PPK_pada_Anak_Usia_Dini.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/21564/ |
Daftar Isi:
- Satuan pendidikan menjadi sarana strategis dalam mendukung pembentukan karakter bangsa, karena memiliki sistem, infrastruktur, serta ada dukungan ekosistem pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun sampai sejauh ini masih belum banyak hasil-hasil penelitian yang membahas tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kajian ini menemukan nilai-nilai utama pendidikan karakter yang dipandang sangat penting diinternalisasikan ke dalam kegiatan dan proses pembelajaran di PAUD, sehingga perilaku anak usia dini sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Selain itu, kajian ini menghasilkan rumusan-rumusan kebijakan PPK yang komprehensif dan bertumpu pada nilai-nilai PPK yang akan dikembangkan di PAUD. Kebijakan tersebut menjadi dasar bagi perumusan langkah-langkah yang lebih konkret agar penyemaian dan pembudayaan nilai-nilai utama pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh dimulai sejak usia dini.