Pedoman teknis revitalisasi SMK dalam peningkatan kompetensi lulusan untuk beradaptasi di dunia industri
Main Authors: | Cholik, Mochamad, Ekohariadi, Ekohariadi, Putra, Ricky Eka, Utami, Ardhini Warih |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/21155/1/Pedoman%20teknis%20Revitalisasi%20SMKdalam%20dunia%20industri.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/21155/ |
Daftar Isi:
- Selama ini program revitalisasi SMK yang dijalankan hanya menggunakan “Single Treatment” atau 1(satu) kegiatan saja seperti pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) saja; atau pengadaan peralatan praktik saja; atau pelatihan beberapa gurusaja sehingga permasalahaan revitalisasi yang dihadapi di sekolah tidak tuntas terselesaikan. Oleh karena itu untuk tahun 2020-2024, program revitalisasi SMK menggunakan pendekatan baru “Multiple Treatments” yang dinamakan “Paket Program Revitalisasi SMK”. Istilah “Paket” tersebut bermakna bahwa setiap lokus yang menjadi target revitalisasi akan diimplementasikan lebih dari satu komponen kegiatan yang nantinya direncanakan pada SDP (School Development Plan) masing-masing sekolah. Sehingga setiap sekolah akan memiliki treatment yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Akhirnya permasalahan revitalisasi pada sekolah tersebut tuntas selesai. Tujuan paket program revitalisasi SMK tahun 2020-2024 adalah penataan dan pengondisian ulang (re-design) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara utuh, tuntas dan menyeluruh mulai dari pembelajaran, lingkungan, fasilitas, kemitraan DUDI dan manajemen sekolah untuk meningkatkan kompetensi lulusan sehingga mampu meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja maupun berwira usaha.