Laporan penelitian kajian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Sumbawa

Main Authors: Alaini, Nining Nur, Wardhani, Aditya, Kurniawaty, Asry, Hidayat, Toni Syamsul
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20450/1/15.Pemakaian%20Bahasa%26Apresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Menengah%20di%20Kab.Sumbawa%2CKemendikbud%20KBHS%20NTB%20Tahun%202017.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20450/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemakaian bahasa dalam apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini dibagi dalam tiga tahapan, pertama tahap prapenelitian mencakup kegiatan penyusunan proposal dan penyusunan kuesioner (instrumen); kedua tahap penelitian mencakup kegiatan pengumpulan data, analisis data dan penyusunan hasil analisis data; ketiga tahap pascapenelitian, yaitu kegiatan evaluasi, konsultasi dan penggandaan. Sebagai sumber informasi dan sumber data yang mewakili pemakaian bahasa dan apresiasi sastra pada daerah pengamatan adalah peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Sumbawa. Informan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang, yang terdiri dari 25 orang peserta didik SMAN 1 Kabupaten Sumbawa dan 25 orang peserta didik SMAN 2 Kabupaten Sumbawa. Hasil analisis kemampuan berbahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah yang berbentuk cerita pendek adalah - Pemahaman apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Sumbawa dalam menentukan tema masih perlu diperhatikan lagi. - Sebagian peserta didik belum dapat menentukan alur dengan baik dan benar. Responden masih sangat kesulitan dalam menentukan alur cerpen "Juru Masak" - Peserta didik telah paham dalam menentukan tokoh/penokohan karena telah mampu membedakan apakah yang dimaksud dengan tokoh, dan apakah yang dimaksud dengan penokohan. Peserta didik dapat menentukan karakter atau watak dari tokoh yang membangun cerpen "Juru Masak" karya Damhuri Muhammad. - Peserta didik dapat menentukan latar, tetapi tidak semua latar dapat disebutkan dengan baik dan benar. - Peserta didik dapat menentukan gaya bahasa secara tepat, baik dan benar. - Peserta didik dapat menentukan sudut pandang secara tepat, baik dan benar. - Peserta didik dapat menentukan amanat, latar belakang pengarang dan nilai sosial secara tepat, baik dan benar. Meskipun ada beberapa peserta didik dapat menentukan nilai sosial, tetapi tidak disertai dengan bukti yang tercermin dalam cerpen tersebut.