Laporan penelitian bahasa da apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar (Lombok)

Main Authors: Raudloh, Siti, Alaini, Nining Nur, Djuwarijah, Siti, Susiawati, Titik
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20449/1/14.Kajian%20Pemakaian%20Bahasa%20%26%20Apresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Dasar%20%28Lombok%29%20Kemendikbud%20KBHS%20NTB%20Tahun%202017.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20449/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini Fokus penelitian imi adalah analisis pemakaian bahasa dan apresiasi sastra berbentuk puisi dan prosa pada peserta didik tingkat dasar. Data yang digunakan adalah deskripsi hasil tugas siswa dalam mengapresiasi karya sastra. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan. Pengolahan data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa dalam menentukan unsur-unsur orkestrasi bunyi, simbol bunyi, sajak, pilihan kata, kiasan kata dalam puisi cukup baik, sesuai dengan kategori kemampuan bagi siswa tingkat sekolah dasar, begitu juga dari unsur intrinsik tema, amanat, dan rima. Sedangkan pada unsur perasaan, nada dan suasana tergolong kurang pahan dan tidak paham. Dalam mengapresiasi karya sastra berbentuk pruse siswa cukup memahami unsur-unsur karya sastra. Namun, pemahaman siswa masih sangat terbatas karena sebagian besar dari mereka belum bisa menunjukkan keterkaitan unsur-unsur tersebut dalam karya sastra prosa secara keseluruhan. Apresiasi sastra terhadap prosa yang dilakukan siswa, sebagian besar, hanya berupa penunjukan dengan kalimat singkat. Kesalahan pemakaian pemakaian bahasa siswa dalam mengapresiasi karya sastra didominasi oleh kesalahan penggunaan huruf kapital dan kesalahan bentuk penulisan kata.