Kajian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat dasar laporan kajian
Main Authors: | Shubhi, Muhammad, Cahyasabudhi, I Nyoman, Muslim, Nurcholis, Febtaria W., Yenni |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kantor Bahasa Provinsi NTB
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/20403/1/3.Kajian%20Pemakaian%20Bahasa%20%26%20Aspirasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Dasar%20Kemendikbud%20KBHS%20NTB%20Tahun%202017.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/20403/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik di Kota Bima. Kajian ini menggunakan sampel yang terdiri atas dua sekolah setingkat SMP di Kota Bima. Dari masing-masing sekolah diambil sebanyak 25 siswa. Dari masing-masing siswa diambil dua buah karya tulis, karya tulis siswa secara umum dan karya tulis siswa yang berkaitan dengan apresiasi siswa terhadap karya sastra. Aspek yang dinilai dalam kajian khusunya pada karya siswa secara umum ini adalah isi, organisasi, kohesi, diksi, tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Skor yang diberikan adalah 0, 1, 2, dan 3. Adapun yang dinilai dari karya tulis siswa yang berkaitan dengan apresiasi siswa terhadap karya sastra adalah penentuan amanat. Skor yang diberikan adalah 0, 1, 2, dan 3. Interpretasi nilai terhadap pemakaian bahasa terdiri atas tidak lulus, lulus, memuaskan, dan istimewa, sedangkan dalam penentuan amanat adalah tidak mampu, belum mampu, mampu, dan sangat mampu. Dari sampel yang digunakan, hasil yang didapat dalam kajian ini adalah sebagian besar siswa SMP Kota Bima mendapatkan prestasi baik dalam pemakaian bahasa. Hal tersebut disertai juga dengan prestasi baik juga dalam hal apresiasi sastra. Prestasi baik dalam pemakaian bahasa berbanding lurus dengan apresiasi sastra siswa.