Laporan penelitian kajian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Tengah tahun 2018

Main Authors: Raudloh, Siti, Husnan, Lalu Erwan, Shubhi, Muhammad, Kurniawaty, Asry
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20388/1/22.%20Kajian%20Pemakaian%20Bahasa%20dan%20Aspresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Menengah%20di%20Kab%20Lombok%20Tengah%20tahun%202018.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20388/
Daftar Isi:
  • Penelitian Kajian Pemakaian Bahasa dan Apresiasi Sastra Peserta Didik Tingkat Menengah di Kabupaten Lombok Tengah merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis pemakaian bahasa dan apresiasi sastra berbentuk cerpen pada peserta didik tingkat menengah. Data yang digunakan adalah deskripsi hasil penugasan pada siswa dalam mengapresiasi karya sastra berupa pemahaman unsur-unsur instrinsik sebuah cerpen dan membuat karangan bertema pariwisata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan. Pengolahan data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Tengah dalam mengapresiasi unsur intrinsik sebuah cerita pendek berjudul “Seragam” karya Aris Kurniawan Basuki termasuk dalam kategori cukup paham dengan nilai rata-rata sebesar 3,00 yang terletak pada interval 2,013,00. Dari segi pemakaian bahasanya dalam membuat sebuah karangan bertema daerah wisata secara umum cukup baik, meskipun ada beberapa keslahanyangsifatnya tidak konsisten. Artinya, kesalahan tersebut bukanlah kesalahan yang dilakukan berulang-ulang.