Kajian kemahiran berbahasa Indonesia bagi tenaga kebahasaan dan kesastraan di Kabupaten Lombok Utara laporan hasil penelitian

Main Authors: Febtaria W., Yenni, Raudloh, Siti, Hidayat, Toni Syamsul, Kurniawaty, Asry
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20385/1/20.%20Kajian%20dan%20Kemahiran%20Berbahasa%20Indonesia%20Bagi%20Tenaga%20Kebahasaan%20dan%20Kesastraan%20di%20Kab%20Lombok%20Utara%20tahun%202018.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20385/
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya. Untuk itu, pentingnya mengetahui kemahiran guru dalam bidang mata pelajaran yang menjadi bahan aja. Dalam penelitian ini yang hendak diteliti adalah terkait dengan kemahiran bahasa Indonesia sebagai pendidik. Karena secara langsung kemahiran guru dalam suatu bidang ajarnya akan berpengaruh terhadap prestasi dan kemampuan siswa juga. Untuk mencapai tujuan itu, data diperoleh dengan menggunakan teknik portofolio. Berdasarkan analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkan diperoleh gambaran bahwa guru dengan kategori sangat baik berjumlah 20 orang (47,6”0), sedangkan guru dengan kategori baik berjumlah 22 orang (52,42). Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa guru dengan dengan kategori baik berjumlah lebih banyak daripada guru dengan kategori sangat baik, namun kondisi ini masih menggambarkan bahwa tingkat kemampuan atau keterampilan guru bahasa Indonesia di Kabupaten Lombok Utara masih tergolong baik.