Laporan Penelitian Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kabupaten Dompu Tahun 2018

Main Authors: Bahri, Syaiful, Husnan, Lalu Erwan, Shubhi, Muhammad, Raudloh, Siti
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20367/1/7.%20Penggunaan%20Bahasa%20dan%20Apresiasi%20Sastra%20Siswa%20Tingkat%20Dasar%20di%20Kab%20Dompu%20tahun%202018.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20367/
Daftar Isi:
  • Laporan ini terdiri atas empat bab, yakni pendahuluan, gambaran umum daerah penelitian, pembahasan, dan penutup. Penelitian yang berjudul "Penggunaan Bahasa dan Apresiasi Sastra Siswa Tingkat Dasar di Kabupaten Dompu" ini bermaksud melihat tingkat kemampuan penggunaan bahasa dan apresiasi sastra siswa, khususnya siswa tingkat dasar pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Dompu. Berdasarkanjudul tersebut, ada dua permasalahan yang akan dijawab, yakni (1) bagaimanakah penggunaan bahasa siswa tingkat dasar di Kabupaten Dompu dan (2) bagaimanakah apresiasi sastra siswa tingkat dasar di Kabupaten Dompu. Pengukurantingkat penggunaan bahasa dilakukan dengan melihat penggunaan konjungsi dan penerapan penggunaan kaidah kebahasaan dalam tata tulis. Pengukuran tingkat apresiasi sastra dilakukan dengan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun karya sastra. Pengukuran tingkat penggunaan bahasa dan apresiasi sastra tersebut dituangkan dalam sebuah kuesioner yang diberikan kepada empat puluh lima siswa di tiga sekolah sebagai informan. Masing-masing sekolah terdiri atas lima belas informan. Jawaban dari semua informan kemudian dianalisis dengan melihat pilihan terbanyak pada masing-masing pilihan jawaban. Jawaban terbanyak itulah yang dijadikan dasar penentuan tingkat penggunaan bahasa maupun apresiasi sastra. Berdasarkan hasil analisis data, tingkat penggunaan bahasa dalam kaitannya dengan penerapan penggunaan konjungsi memperlihatkan adanya pilihan terbanya pada jawaban tidak benar, sedangkan dalam kaitannya dengan penerapan kaidah penggunaan bahasa dalam tata tulis ditemukan penerapan kaidah kebahasaan sebagian besar berada pada kategori nilai 1 di semua aspek penilaian. Hal ini menunjukan tingkat penggunaan bahasa masih sangat kurang dan terbatas. Berkaitan dengan tingkat apresiasi sastra, jawaban terbanyak berada pada kategori nilai 1 di semua aspek penilaian. Gambaran ini menunjukkan sebagian besar siswa masih belum mampu mengapresiasi sastra, khususnya mengidentifikasi unsur-unsur penggunaan bahasa.