Laporan penelitian kajian pemakaian bahasa dan apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2018

Main Authors: Kurniawaty, Asry, Husnan, Lalu Erwan, Hidayat, Toni Samsul, Djuwarijah, Siti
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Provinsi NTB , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/20363/1/3.%20Kajian%20Pemakaian%20Bahasa%20dan%20Aspresiasi%20Sastra%20Peserta%20Didik%20Tingkat%20Menengah%20di%20Kab%20Lombok%20Utara%20tahun%202018.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/20363/
Daftar Isi:
  • Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa dan sastra, sebagaimana halnya dalam penyelenggaraan pembelajaran bidang-bidang yang lain, evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Sebagai suatu pembelajaran, pembelajaran bahasa diselenggarakan untuk mencapai sejumlah tujuan pembelajaran yang telah diidentifikasi dan dirumuskan berdasarkan telaah mendalam terhadap kebutuhan yang perlu dipenuhi. Tujuan-tujuan pembelajaran itu diupayakan pencapaiannya melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang dirancang secara matang dan saksama dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar tujuan-tujuan pembelajaran itu dicapai secara semestinya. Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran bahasa dan sastra pada siswa didik dapat terserap. Karena itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah hasil apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah dan bagaimanakah pemakaian bahasa pada hasil apresiasi sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil apresiasi karya sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Utara dan mendeskripsikan pemakaian bahasa pada hasil apresiasi karya sastra peserta didik tingkat menengah di Kabupaten Lombok Utara. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penelitian berjudul Kajian Pemakaian Bahasa dan Apresiasi Sastra Peserta Didik Tingkat Menengah di Kabupaten Lombok Utara ini terdapat beberapa simpulan. Simpulan pertama yaitu bahwa apresiasi sastra yang dilakukan peserta didik tingkat menengah terhadap cerpen yang diberikan adalah peserta didik masih banyak yang tidak paham tentang unsur intrinsik yang ada dalam cerpen. Mereka masih belum sepenuhnya paham bagaimana menjawab unsur intrinsik “Tema dan Alur” yang terdapat dalam cerpen “Durian Ayah” karya Rizki Turama yang telah diberikan. Untuk unsur intrinsik cerpen: “Latar, Amanat, dan Tokoh/Penokohan” peserta didik telah paham bagaimana menentukan unsur intrinsik dalam cerpen