Modul pembelajaran SMA bahasa dan sastra Indonesia Kelas XI. Mengidentifikasi pendapat narasumber dalam debat

Main Author: Harijanti, Sutji
Format: TeachingResource NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/19800/1/Kelas%20XI_Bahasa%20dan%20Sastra%20Indonesia_KD%203.1%281%29.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/19800/
Daftar Isi:
  • Dalam modul ini akan dibahas beberapa aspek yang merupakan bagian dari teks debat aspek-aspek tersebut adalah : Menemukan esensi makna debat, Mengonstruksi esensi teks debat, Menganalisis isi teks debat, mengembangkan teks debat. Manusia adalah makhluk sosial, sehingga selalu terjalin hubungan antara individu satu dengan individu yang lain. Mereka saling komunikasi namun ketika terjalin komunikasi tersebut kadang kala mengalami selisih pendapat.maka timbullahperdebatan. Yaitu perdebatan yang bersifat non-formal.Namun ketika debat terjadi pada lingkup yang formal maka muncullah kegiatan forum diskusi untuk membahas masalah tertentu. Pihak yang berdebat mendiskusikan masalah tertentu dengan beradu argumen. Salah satu arti dari debat adalah pertukaran pendapat dengan memberikan argumentasi/ alasan yang logis untuk mempertahankan pendapat, agar permasalahan itu menjadi tuntas. Dalam modul kali ini kalian pasti bersyukur karena debat akan dibahas dengan terinci . Saya sebagai penyusun dan penulis modul sangat percaya dan mengakui bahwa apabila kita terbiasa berdiskusi, dan mengungkapkan argumentasi maka ketika kita hidup didalam masyarakat pasti dapat dengan mudah mengikuti alur yang ada didalamnya. Dan penyampaian argumentasi itu dapat dilatih dalam pembelajaran debat ini. Untuk itu belajarlah debat baik praktik maupun teori . Tujuan Pembelajaran 1. Mengidentifikasi topik dan esensi teks debat dan 2. Mengonstruksi kerangka teks debat.