Peningkatan kompetensi pendidik PAUD melalui model lesson study

Main Author: Kemendikbud, BP-PAUD dan DIkmas Sulawesi Selatan
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ( BPPNFI ) Regional V Makassar , 2012
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/18509/1/727667Model%20Lesson%20Study%20-%202012%20%281%29.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/18509/
Daftar Isi:
  • Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-psrinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Tujuannya adalah untuk: (1) Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peserta didik dan guru mengajar; (2) Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksana-kan pembelajaran; (3) Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif; dan (4) Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Model ini bercirikan adanya: (a) tujuan bersama untuk jangka panjang; (b) materi pelajaran yang penting; (c) studi tentang peserta didik secara cermat; dan (d) observasi pembelajaran secara langsung. Model ini bermanfaat agar: (a) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya; (b) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitas lainnya; dan (c) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study yang dilaksana-kan berbasis satuan pendidikan PAUD mengacu pada tahapan-tahapan secara siklik, meliputi: (a) tahapan perencanaan (plan); (b) implementasi dan observasi (do); (c) refleksi (check/reflection); dan (d) tindak lanjut.