Model peningkatan kinerja guru PAUD inklusi 2014

Main Author: Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/18462/1/model-peningkatan-kinerja-guru-paud-inklusi%20%281%29.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/18462/
Daftar Isi:
  • Pelayanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi anak-anak berkebutuhan khusus sebagai anggota masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya,masyarakat dan lingkungan. Pelayanan pendidikan dan bekal pengetahuan serta keterampilan dapat mempersiapkan anak-anak berkebutuhan khusus dapat terjun ke dunia kerja atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. PAUD inklusi adalah sistem pendidikan prasekolah yang dirancang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak berkebutuhan khusus pada usia dini untuk berbaur dengan anak-anak normal. Pentingnya peranan guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus usia dini, terutama dalam menumbuhkan kepercayaan dan penyesuaian diri dalam belajar sesungguhnya telah disadari oleh banyak pihak. Berkenaan dengan proses inklusif, guru-guru di PAUD dituntut harus memiliki sejumlah pengetahuan tertentu mengenai pendidikan khusus, siswa berkebutuhan khusus, teknik-teknik pembelajaran, dan pengembangan kurikulum. Tuntutan lainnya adalah bahwa guru-guru harus memiliki kemauan untuk melakukan perubahan dari paradigma lama ke paradigma baru. Tanggung jawab guru untuk melayani pendidikan anak-anak berkebutuhan sangat berat. Tanggung jawab yang diharapkan adalah; (1) melakukan setting program untuk identifikasi, assessment, dan mengajar siswa; (2) berpartisipasi dalam screening, assesment, dan evaluasi siswa; (3) melakukan kolaborasi dengan staf dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Secara umum pengembangan program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam melayani/menangani anak berkebutuhan khusus. sedangkan Secara khusus pengembangan program ini bertujuan untuk: a. Meningkatkan pengetahuan/ pemahaman guru PAUD tentang hakekat anak berkebutuhan khusus, bentuk dan model layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. b. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus. c. Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun program pengajaran individual d. Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.