Model pengembangan jiwa kemandirian melalui pembiasaan (habituasi) pada anak usia dini usia 4 – 5 tahun
Main Author: | Kemendikbud, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulawesi Selatan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/18446/1/model-pengembangan-jiwa-kemandirian-melalui-pembiasaan-habituasi%20%281%29.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/18446/ |
Daftar Isi:
- Model pengembangan ini bermanfaat untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan tingkat penalaran anak didik serta perkembangan selanjutnya. Tujuan mengembangkan Model Pengembangan jiwa kemandirian melalui pembiasaan pada anak adalah memberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai aktivitas. yang dapat menentukan diri sendiri dalam tindakan atau perilaku yang dapat dinilai. Semakin banyak kesempatan yang diberikan pada anak akan semakin terampil mengembangkan skillnya/kemampuannya sehingga lebih percaya diri yang menunjukkan adanya kepercayaan akan kemampuan diri untuk menyelesaikan persoalan-persoalan tanpa bantuan khusus dari orang lain, Pengembangan Jiwa Kemandirian pada anak usia dini ini menumbuhkan benih-benih jiwa wirausaha. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sejak usia dini untuk menjadi entrepreneur dalam mengembangkan jiwa kemandirian pada anak usia dini, baik melalui orang tua, pendidik maupun masyarakat. agar di masa depan anak mampu mandiri. Selain itu juga mengoptimalkan peran orang tua, perdidik dan masyarakat dalam mengembangkan jiwa kemandirian pada anak usia dini.