Peningkatan akses dan mutu pendidikan tingkat sekolah dasar di Provinsi Papua dan Papua Barat

Main Authors: Utama, Bakti, Widodo, Widodo, Pratiwi, Indah, Krismahardhika, Bonifatius Galih, Adriyan US, Rahmat, Khalib, Fuad Setiawan
Other Authors: Nurrochsyam, Mikka Wildha, Jakaria, Yaya, Winingsih, Lucia Hermien
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/16294/1/Peningkatan%20Akses%20dan%20Mutu%20Pendidikan.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/16294/
Daftar Isi:
  • Indikator-indikator statistik menunjukkan adanya kesenjangan partisipasi dan kualitas pendidikan antara dua provinsi tersebut dan provinsi lainnya di Indonesia. Namun demikian, jika ditelisik lebih dalam, kondisi di lapangan jauh lebih memprihatinkan dibandingkan potret statistik tersebut. Oleh karenanya, langkah-langkah akselerasi untuk meningkatkan capaian pendidikan di kedua provinsi tersebut mejadi penting dilakukan. Penelitian ini menemukan bahwa rendahnya akses dan mutu pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat berakar pada tiga permasalahan utama. Pertama, lemahnya tata kelola pendidikan. Kedua, tingginya angka mangkir guru dan rendahnya kualitas guru. Ketiga, ketidaksesuaian paradigma pendidikan dan kesadaran masyarakat. Atas ketiga akar masalah tersebut, penelitian ini merekomendasikan dilakukannya intervensi baik dalam ranah proses pembelajaran, penguatan guru, maupun penguatan tata kelola bidang pendidikan.