Meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat dalam pembelajaran IPS melelalui penerapan metode Guided Note Taking
Main Author: | Setiawati, Setiawati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15614/1/05%20Juni%202017.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15614/ http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id |
Daftar Isi:
- Kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat pada materi globalisasi terbukti rendah dan tidak mencerminkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas pra penelitian sebesar 68.94 dengan ketuntasan belajar klasikal 51.52%. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Guided Note Taking untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam materi globalisasi; (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam materi globalisasi. Penelitian ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI-A SD Negeri 004 Balikpapan Barat pada materi globalisasi. Skor rata-rata kemampuan kognitif siswa pada siklus I sebesar 74.7 dan pada siklus II sebesar 81.82 atau meningkat 7.12 poin. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 72.73% dan pada siklus II sebesar 93.94% atau meningkat 21.21 poin. Hasil pembelajaran siklus II telah memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Penerapan metode Guided Note Taking dalam penelitian tindakan kelas telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa sehingga dapat diterapkan pada penelitian lainnya dalam upaya perbaikan pembelajaran.