Meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas X-7 SMA Negeri 4 Balikpapan melalui penerapan model pembelajaran Probing-Prompting

Main Author: Kartika, Dwi Eka
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15612/1/03%20Juni%202017.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15612/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika; (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematika materi logika matematika pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 4 Balikpapan setelah penerapan model pembelajaran probing-prompting. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Balikpapan, Jalan Sepinggan Baru III RT 48 No. 36 Balikpapan. Subyek penelitian adalah siswa Kelas X-7 SMA Negeri 4 Balikpapan pada semester 2 tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 39 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisa secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kemampuan penalaran Matematika pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 4 Balikpapan pada tiap siklusnya. Nilai ratarata kelas pada siklus I sebesar 70.26 dan pada siklus II menjadi 80.64 atau meningkat 10.38 poin. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64.1% dan pada siklus II menjadi 94.87% atau meningkat sebesar 30.77%. Skor rata rata kemampuan penalaran Matematika siswa pada siklus I sebesar 69.87 dan pada siklus II mencapai 85.1 atau meningkat 15.23 poin. Dalam penelitian ini masih ada 2 siswa (5.13%) yang belum tuntas belajar.