Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan minat belajar pelajaran IPA tentang materi makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 024 kecamatan Samarinda Ulu kota Samarinda tahun ajaran 2009/2010

Main Author: Sunarni, Sunarni
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15570/1/14%20Juni%202014.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15570/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas III. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%).Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar dan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas III di SDN. 029 Samarinda Ulu serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, makhluk hidup, alat peraga, minat belajar