Peningkatan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi nama-nama hari akhir dengan strategi make a match di kelas VI SDN 001 Tanah Grogot 2012/2013
Main Author: | Bukhari, Bukhari |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15550/1/14%20Desember%202013.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15550/ https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam. Hal ini berdasarkan hasil nilai tes sebelum perbaikan, hasil nilai rata-rata sebelum perbaikan rendah yaitu 58,8 (ketuntasan belajar hanya mencapai 7,7%).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam materi nama-nama hari akhir di kelas VI SDN 001 Tanah Grogot setelah diterapkan strategi make a match . Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan yang dilakukan terdiri dari tiga tindakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas VI SDN 001 Tanah Grogot dengan jumlah siswa 26 orang. Nilai rata-rata sebelum perbaikan diperoleh nilai rata-rata 58,8 pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 65,4. Pada siklus 2 nilai rata-rata 78,5 dan siklus 3 nilai rata-rata 90,4. Jadi dari siklus I ke siklus 3 terdapat peningkatan prestasi belajar. Ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 23,1%, siklus II 65%, sedangkan pada siklus 3 yaitu 92%.