Pengembangan perangkat pembelajaran strategi konflik kognitif berbasis eksperimen untuk mereduksi miskonsepsi IPA

Main Author: Hadiansyah, Hadiansyah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2015
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15538/1/01%20Juni%202015.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15538/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V pada pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air di Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis. Metode penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, Planning, Acting, Observing, dan Reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Long Ikis dengan jumlah siswa 25 orang. Setelah dilaksanakan siklus pertama yaitu guru melaksanakan praktik pembelajaran langsung diperoleh hasil pada Siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 62,40. Pada Siklus 2 nilai rata-rata 82,40. Jadi kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari rata-rata 48,80 menjadi 82,80. Berdasarkan penelitian tindakan yang dilaksanakan melalui dua siklus, diperoleh peningkatan yang sangat berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 023 Long Ikis pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.