Meningkatkan keterampilan mengolah makanan kontinental melalui penerapan contextual teaching and learning

Main Author: Harahap, Erliati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2015
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15534/1/14%20Juni%202015.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15534/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Hasil pembelajaran mengolah makanan kontinental yang dilaksanakan di kelas XII Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan menunjukkan bahwa dari 35 siswa kelas XII Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan, hanya 17 siswa atau 48.57% tuntas belajar, sedangkan sisanya sebanyak 18 siswa atau 51.43% masih dibawah batas KKM. Nilai ratarata kelasnya hanya 63.71. Hasil ini mengisyaratkan perlunya peningkatan keterampilan mengolah makanan kontinental pada siswa melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat dengan penilaian secara menyeluruh. Penelitian tindakan kelas ini dirancang sesuai model Kemmis dan Taggart selama 2 (dua) siklus. Data dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan mengolah makanan kontinental pada siswa. Nilai rata-rata performace assessment pada tahap pra penelitian sebesar 69.29, pada siklus I sebesar 72.74, dan pada siklus II menjadi 76.79. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada tahap pra penelitian sebesar 54.29%, pada siklus I sebesar 71.43%, dan pada siklus II menjadi 94.29. Prosentase skor aktivitas siswa pada tahap pra penelitian tidak terukur, pada siklus I sebesar 77.08%, dan pada siklus II menjadi 88.33% atau meningkat sebesar 11.25%.