Implementasi pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar pada siswa kelas XII IPS 2 SMAN 4 Balikpapan

Main Author: Darsini, Eko
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2013
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15533/1/05%20Desember%202013.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15533/
https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan keluhan beberapa guru bidang studi, tanggung jawab siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Balikpapan yang berkaitan dengan target penyelesaian tugas-tugas kelompok sangat rendah. Selain itu, dirasakan pula adanya kecenderungan menurunnya aspek-aspek dan nilai-nilai tanggung jawab siswa terhadap tugas belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar pada siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2011-2012; (2) Mendeskripsi-kan peningkatan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar pada siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Balikpapan semester 1 tahun pelajaran 2011-2012 setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian tindakan kelas ini dirancang sesuai model Kemmis dan Taggart selama 2 (dua) siklus. Data dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT, terbukti mampu meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar pada siswa pada tiap siklus