Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan micro teaching melalui kegiatan KKG

Main Author: Sukini, Sukini
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , 2015
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/15532/1/13%20Juni%202015.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/15532/
http://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id
Daftar Isi:
  • Kondisi Guru pada Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara terdiri dari 4 Sekolah Sekolah Dasar Binaan dengan jumlah guru 36 orang masih memiliki kelemahan dalam menyusun perangkat pembelajaran, meskipun sebagian besar berpendidikan S1. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru menyiapkan perangkat pembelajaran melalui kegiatan KKG. Adapun Sasaran pada penelitian ini terdiri dari guru wali kelas 1sampai 6 adalah guru SDN 001 (8 orang), SDN 003 (16 orang), SDN 016 (6 orang), SDN 024 (6 orang) semuanya adalah 36 orang. Adapun hasil yang dicapai adalah dari 37 guru, 57.86% tersedianya perangkat pembelajaran, hasil buatan sendiri dan guru sudah menunjukan kemampuan mengajar sesuai dengan langkah langkah pembelajaran yang di susun. Guru lebih kreatif dan inovatif. Perangkat Pembelajaran yang telah di buat guru adalah: Buku I. Analisis Kalender Penidikan. Buku II Program Tahunan, Program Semester, pemetaan Penilaian, BUKU III KKM dan Silabus. BUKU IV Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.