Upaya meningkatkan pembelajaran operasi hitung bilangan cacah siswa kelas IV SD Negeri 011 Malinau dengan metode berdasarkan masalah (problem posing)
Main Author: | Nurdin, Nurdin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/15386/1/10%20Juni%202008.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/15386/ https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/ |
Daftar Isi:
- Secara umum siswa SD kelas 4 sudah cukup mampu dalam pembentukan soal sesuai dengan situasi yang disediakan tetapi belum maksimal. Melalui pembelajaran siklus I yaitu pemahaman operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan pendekatan problem posing, diperoleh hasil kemampuan siswa beragam, dimana berdasarkan kemampuan menurut jenis soal terlihat bahwa semua siswa (100%) sudah mampu dalam pembentukan soal dan dapat diselesaikan. Sementara itu, kemampuan menurut masalah yang dapat diselesaikan ada 29,41% siswa hanya mampu membuat satu pertanyaan yang dapat diselesaikan, dan 67,65% siswa mampu membentuk soal lebih atau sama dengan dua pertanyaan yang dapat diselesaikan. Melalui pembelajaran siklus II yaitu pemahaman operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan pendekatan problem posing, kemampuan siswa dalam pembentukkan soal juga beragam. Kemampuan menurut jenis soal menunjukkan 2,94% siswa yang mampu membentuk soal sebanyak satu dan tidak dapat diselesaikan secara Matematika. Sedangkan 97,06% sudah mampu membentuk soal dan dapat diselesaikan secara matematik.